[Boens Auto Gallery]

Jl. Nanas Gg. Flamboyan V No. 14 Utan Kayu Selatan Jakarta Timur (HP:0812.2700.963)

Awas, Yang Cadangan Jangan Dilupakan

Selasa, 07/09/2010 10:00 WIB

Siap-siap Mudik (4)

Awas, Yang Cadangan Jangan Dilupakan

Muhammad Ikhsan – detikOto
Gambar

Jakarta – Jika tidak disiapkan dengan matang, mudik bisa jadi akan berubah seperti neraka di jalanan saja.

Apalagi banyak pengendara yang luput mempersiapkan segala kebutuhan mobil untuk perjalanan mudik ke kampung halaman dengan komponen cadangan seperti ban, bohlam, sekering, minyak rem, tali kipas, peta dan oli rem.

Nah, sebaiknya jangan lupakan hal yang ini, soalnya berisiko tinggi.

Hal itu diungkapkan Project Leader Astra Holiday Campaign (AHC) 2010 Bambang Gunawan kepada detikOto di sela-sela pelepasan teknisi AHC 2010 di Sunter, Senin (6/9/2010), sebaiknya pemudik yang menggunakan roda empat jangan lupa memersiapkan segala komponen keperluan mobil. Mulai dari ban, oli rem sampai sekreing.

“Apalagi bagi Anda yang menjalani perjalanan mudik jauh ke Sumatera dan Bali,” jelas Bambang.

Keperluan lainnya dalam menghadapi mudik Lebaran adalah membawa buku panduan kendaraan. Banyak pengguna mobil lupa akan buku pintar yang selalu terselip di dashboard mobil itu. Tak, jarang begitu mobil beranjak tua, buku tersebut masih mulus akibat tidak tersentuh sedikitpun oleh pemilik kendaraan.

“Buku panduan itu sangat penting. Jangan ditinggal di rumah,” ucapnya.

Hal lainnya yang dibutuhkan adalah mempersiapkan makanan kecil dan minuman secukupnya serta merencanakan perjalanan mudik dengan membawa peta. “Bawa keperluan makanan dan minuman untuk perjalanan mudik,” sarannya.

Setelah semua kebutuhan dipenuhi, Bambang menyarankan berkendaralah dengan hati-hati mengingat pengguna jalan bukan kita saja, namun banyak pemudik yang menggunaka sepeda motor. “Dan ingat tetap waspada karena pengguna jalan bukan kita saja, banyak pemudik lainnya,” tambahnya.

Dan satu hal lagi yang Bambang tambahkan yakni beristirahatlah jika rasa kantuk tiba. “Kalau kantuk langsung istirahat, demi keselamatan,” tutupnya. ( ikh / ddn )

* sumber : detikOto.com

%d bloggers like this: